Tari tor-tor | Tarian Batak Sumatra Utara

Tari tor-tor wikipedia adalah tarian khas indonesia budaya asli batak indonesia. Tarian Tor Tor indonesia seirama dengan diiringi alat musik traditional batak seperti gondang, suling, dan terompet khas batak. Tari tor-tor digunakan dalam acara ritual khusus yang bersinggungan dengan leluhur, dan tarian ini merupakan simbol untuk berkomunikasi dengan para leluhur batak sumatra utara.

Tarian tor-tor indonesia ini memanggil arwah leluhur dan dipanggil masuk ke dalam patung sehingga patung tersebut bergerak menari dengan kaku, meliputi gerakan tangan dan kaki " jinjit-jinjit"

Jenis tarian tor-tor berbeda-beda istilahnya mempunyai beberapa macam jenis tergantung dari kegunanaan dan fungsi tarian itu. ada yang disebut tari tor-tor pangurason yaitu tarian yang digelar saat pesta untuk membersihkan tempat dan lokasi agar jauh dari mara bahaya. Ada lain lagi seperti tari tor tor Sipitu cawan yang biasa digelar saat pengukuhan raja, yang dulu kala menurut sebuah legenda tarian tor-tor sipitu cawan berasal dari 7 putri bidadari yang mandi di sebuah telaga di gunung pusuk buhit.

Ada lagi jenis tor-tor Tunggal Panaluan batak yang digelar bila dalam suatu desa sering dilanda musibah, tarian ini di tarikan agar ,musibah yang ada di batak bisa secepatnya hilang dan desa aman dari marabahaya.

Berikut ini video Tarian Tor-Tor Indonesia di Pasar Malam Geleen


Sesuai dengan perkembangan , tarian tor-tor dilakukan berbeda-beda tergantung dalam acara, seperti acara pemerintahan dan adat budaya batak.
Tarian tor-tor menurut wikipedia memang berasala dari indonesia , ini adalah tarian yang khusus dan gak sembarangan dalam menarikannya. Baru - baru ini pihak malaysia mengklaim akan tarian tor-tor indonesia ini, Yah.ssemogas saja masalah ini bisa diselesaikan dengan baik.


Description:
Berita tentang Tari tor-tor | Tarian Batak Sumatra Utara Di Posting dari Blog dalam kategori Labels: budaya, unik . Melalui permalink http://yakinkah.blogspot.com/2012/06/tari-tor-tor-tarian-batak-sumatra-utara.html. Rating: 4.5 Reviewer : - ItemReviewed: Tari tor-tor | Tarian Batak Sumatra Utara